Thursday, May 31, 2012

[PROFIL] AHMAD MAHDI: Baca Naskah, Guling-Guling

 AHMAD MAHDI menjadi editor di Penerbit Mizan, tepatnya di lini remaja sejak 2010. Karena mengurus karya-karya para ABG, nggak heran jika saat wawancara terlihat sedikit ceria, narsis dan bombastis, tapi selalu eksis. Mau tahu komik kesukaannya? Baca 10 jawaban dari penggemar susu ini.




Sejak kapan menjadi Editor? Buku apa yang pertama kali diedit?

Kalo "beneran"nya jadi Editor baru sejak Februari 2010, dan waktu itu masih bego mukanya, gak kaya sekarang *rapihinjambul*.
Buku yang pertamaaaa banget saya edit itu, judulnya "Hypnosis for Student" karya Ichsan Solihudin, seorang pengajar yang juga memiliki kemampuan Hypnotherapy. Saya sampai ikut dulu pelatihan beliau untuk merasakan terapi hipnotis.



Gimana perasaan pertama jadi editor?

Galau #halah ... Biasa aja, karena saya terlahir ngganteng #salamngganteng #apahubungannya


 Apa sih Pink Berry Club itu?

Yang pasti bukan sejenis makanan atau serangga. Pink Berry Club adalah seri yang dibuat dan dikembangkan oleh penerbit tempat saya bekerja sekarang, dimana buku-buku yang masuk dalam seri itu adalah buku-buku fiksi bertema umum (non fantasi) yang ditulis oleh remaja usia 12-17 tahun. Seri ini sudah berjalan sejak Desember 2009, dan saat ini (Juni 2012) sudah menerbitkan lebih dari 50 judul buku.

Syarat mengirim naskah ke Pink Berry Club apa aja?

Baligh, berakal, beramal soleh ... eh bukan ding, itu syarat buat ikutan pemilu. Gampangnya gini, muda dan semangat menulisnya tinggi, untuk teknisnya bisa dilihat di buku-buku seri Pink Berry Club yang udah terbit #beliya #belidong #belideeh


Kalo Fantasteen apaan tuh?

Nah, Fantasteen ini adalah cetusan dari yang punya blog (lirik yang punya blog). Di seri ini, penulis remaja yang suka sama cerita horor, misteri, detektif-detektifan, atau fiksi ilmiah, bisa menyalurkan hobi dan bakatnya. Ga jauh beda sama seri Pink Berry Club, usia penulis di Fantasteen juga dibatasi, yakni 13 - 18 tahun.


Hal apa yang paling membuat senang saat menjadi editor PBC dan Fantasteen?

Udah pasti pas baca naskah yang dateng, setiap baca naskah itu muka saya suka jadi aneh bentuknya, kadang ketawa, kadang ketawa ngakak, kadang ketawa guling-guling, malah pernah sampe ketawa sambil kayang #plisdeh. Asiklah pokoknya baca naskah dari temen-temen penulis, secara gak langsung, naskah-naskah itu juga bikin saya betah sama pekerjaan ini :)

Sejak kapan suka bikin komik? 

Kalo pertama kali bikin komik dan diterbitkan itu tahun 2006, komik strip yang diterbitin di Tabloid dwimingguan di daerah Jabodetabek. Tapi sebenernya sejak SMU udah suka bikin komik, buat di Mading sama di Buletin sekolah.


Komik favorit dan alasannya?

One Piece, alasannya sederhana, itu komik paling imajinatif yang pernah saya baca :D



Sudah bikin komik apa saja?

- Fino (Tabloid Info 2006 - 2009)
- Si Lebay (Majalah Update 2008 - 2010)
- Bloopers Team (Kompilasi Komik Humor Mizan 2010)
- Mas Parjo "Hottest Backpacker" (Kompilasi Komik Humor Mizan 2011)

Saran untuk penulis pemula?

Sederhana aja, baca buku-buku yang kalian sukai, buat buku-buku itu jadi referensi kalian untuk berkarya, dan jangan lupa minum susu setiap hari ;)

(ben)

8 comments:

  1. Terkekeh-kekeh ah baca ini. Bravo, Kak Mahdi! :)

    ReplyDelete
  2. minum susu setiap hari hehehe... balada diet yang gagal ya kak Mahdi :p

    ReplyDelete
  3. hihihi ... kocak men ...!
    wah, kebetulan aku suka minum susu ... :D

    ReplyDelete
  4. Kak Mahdi, saya pengen nerbitin di Pinkberry, boleh nggak? *senyum imyut*

    ReplyDelete
  5. Kalau saya nerbitin Fantasteen aja, deh. #bolehya #bolehdong

    ReplyDelete
  6. Kak Mahdi, aku udah ngirim satu naskah, kebaca nggak? dari silvia monty.

    ReplyDelete
  7. Kak Mahdi saya juga mau kirim naskah Pinkberry dong... secara saya juga rajin minm susu ;P

    ReplyDelete