Sunday, May 12, 2013

[KELAS] Serunya Bikin Blog Bareng Pembaca Majalah NooR



Selamat datang di Pelatihan Be Smart Blogger

Bada shalat subuh, saya beserta Isteri dan anak sudah harus meninggalkan Bandung pada Sabtu, 4 Mei 2013. Tujuan utama ke Jakarta. Ngapain week-end ke Jakarta? Sementara orang Jakarta malah ke Bandung.  Ya, week-end kali ini saya akan mengajar cara membuat blog (yang menarik) untuk para pembaca majalah Noor yang bertajuk be Smart Blogger. Saya ngajak isteri juga sebagai peserta (dan bayar lho). Anak saya ikut, karena sekalian liburan.

Saya nyupir sendiri ke Jakarta, walau sebenarnya saya bukan driver tangguh untuk perjalanan panjang. Tapi untunglah sessi saya memberi materi bukan pagi hari. Jadi bisa istirahat dulu. Pukul 8 pagi, kami sudah tiba di Arion Swiss Bell Hotel, kemang, Jakarta. Sempat mutar dua kali karena hotelnya terlewat. Sambil istirahat, saya ikutan acara awalnya dulu deh.

Dandan Dulu, Ngeblog Kemudian
Acara dimulai sekitar pukul 9.30 lebih dikit. Mau tahu acara pertama? dandan. Yiay! Jangan heran. Soalnya kan sponsor acara ini dari Sari Ayu MT. So, berdirilah Mbak Dewi, seorang pakar kecantikan, memberi wejangan. Mulai dari profil ibu Martha Tilaar, sejarah berdirinya Sari Ayu, sampai tips-tips dandan. Peserta juga diajak praktik membersihkan dan berdandan lho.

Mbak Dewi ceriwis banget menyampaikan materi ilmu dandan



Saya? Nggaklah. Udah keren kok!

Setelah pelajaran dandan sebanyak 2 SKS, datanglah mantan model beken waktu saya kuliah dulu. Mbak Ratih Sang. Tentunya kali ini nggak bakalan ngajar jalan di catwalk. Mbak Ratih yang piawai menulis puisi ini membaca puisi-puisi dari buku kumpulan pusinya. Sebrnarnya, saya pengen banget pnya buku kumpulan puisinya. Tapi ditahan-tahan deh. So, akhirnya isteri saya memutuskan untuk membeli.

Eh, puisi mbak Ratih keren pisan. Tentang dialog ibu dan anaknya. Cara membacanya juga keren. Langsung kerasa banget menyentuh hati. Cieee. Tapi nggak sampai nangis bombay kok.
Mbak Ratih Sang, keren banget baca puisinya




Beres baca puisi, karena takut diekroyok peserta pelatihan maka diaturlah sessi pemotretan bersama. saya kebagian duduk bederet sama Mbak ratih. Senyum... :)
Sesi potret bareng



Ratu Es Krim Karena Ngeblog

Pemateri pertama adalah Indah Julianti yang sudah beken di lungkungan blogger. Prestasinya setumpuk di dunia perblog-an. bahkan dia sempat diminta mereview satu produk es krim dan dikirim produk es krim sampai kulkasnya penuh.
Indah Juli



Setelah diberi motivasi negblog, peserta diajarkan Indah mulai membuat blog. Seru kan? Soalnya benar-benar diajarin dari awal lho. saya pun ikutan ngebantu deh karena banyak yang benar-benar masih baru bikin blog.

Yang namanya praktik waktu nggak kerasa, akhirnya harus berakhir karena harus ishoma. Sessi pertama pun berakhir. Semua peserta makan siang ala buffet yang menunya mewah banget. Saya aja sampai bingung milihnya. Milih yang mana aman untuk darah tinggi saya.

Benny Rhamdani
Saya menjadi pemateri pada sessi kedua. karena waktu yang singkat, saya lebih menekanakan pada jenis-jenis tulisan di blog yang gayanya bisa ditiru oleh peserta. Setelah itu langsung deh digelar lomba menulis blog. Untuk beberapa blogger senior, tentunya ini paling ditunggu-tunggu. Soalnya, hadiahnya lumayanlah.

Pada ujung acara, tiga pemenang lomba ngeblog diumumkan. yang menakjubkan, para blogger pemula mendapat nomor. Menurut saya mereka memang harus disupport dan diapresiasi. Selamat ya untuk para peserta. Juga para pemenang.  Sampai ketemu dipelatihan ngeblog berikutnya.


(foto2: Khikmatul Azizah)


2 comments: