Monday, May 30, 2016

Es Krim Tempurung Cantik Ini Bikin Betah di Pantai Pariaman







Duduk di pinggir Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumatera Barat, belum lengkap tanpa menikmati kuliner satu ini. Namanya Es Krim Tempurung. Penampilannya sangat cantik. Rasanya juga cocok di lidah sambil memanjakan mata melihat keindahan pantai.

Saya menemukan kedai es krim ini di antara barisan kuliner di Pantai Gandoriah saat haus-hausnya karena terus bejalan menelusuri pantai. Saya lagsung tertarik melihat standing banner yang terpampang di depan kedai, dan segera memesannya.


Bu Tini yang menerima saya langsung membuatkan pesanan kami. Pertama, dipilih satu butir kelapa muda, lalu dibelah dua. Daging kelapa kemudian diserut dan dipisahkan. Barulah tempurungnya digunakan sebagai cawan es krim vanilla. Tidak cuman es krim, daging kelapa yang tadi dicampurkan dengan kolang-kaling, potongan pudding, meisis warna-warni, dan wafer cokelat.


Saya menyukai penampilannya. Dan begitu mencicipi es krimnya saya langsung suka suka. Pasalnya, es krim yang disajikan rasa manisnya pas buat ukuran saya. Tidak terlalu manis. Kolang-kaling membuat tekstur sendiri dalam mengunyah es krim. Sementara rasa wafer dan meisis cokelat memeprkaya rasa es krim ini.

Sungguh saya menyukainya seingga mampu menghabiskan sajian nikmat ini. Padahal biasanya saya kurang begitu suka daging kelapa serut. Tapi karna kelapa muda dan teksturnya lembut, saya malah nyaris ingin memesannya untuk dibawa ke Bandung. Tapi nggak mungkin sepertinya.

Bu Tini menjelaskan, varian es krimnya sudah dijualnya selama satu tahun. Dia berani mengklain sebagai penjual es krim pertama di Sumatera Barat. "Kami pernah lihat juga di televisi ada yang membuat seperti ini di Surabaya. Tapi dia memulainya baru tiga bulan," jelas Bu Tini.


Ada lagi yang bikin istimewa kuliner ini, air kelapanya tidak dibuang. Melainkan disajikan kepada pelanggan disebuah gelas dengan es batu. Rasanya ... bikin nagih.

Saat saya meningalkan dan membayar, harganya pun relatif murah Rp.12.000. Siapa yang nggak pengen borong buat oleh-oleh coba?




0 komentar:

Post a Comment