Wednesday, January 20, 2016

Nikmatnya Kuliner Makassar Sop Saudara


Kuliner apa yang harus dicicpi ketika bertandang ke Makassar? Beberapa teman langsung merekomendasikan beberpa makanan yang sudah tak asing di telinga saya, seperti coto makassar, palu basa, dan pisang epe. Saya baru mengernyitkan dahi ketika mendengar nama sop saudara. Sejenis apa itu?

Akhirnya ketika di Makassar saya langsung meminta taksi mencari kedai sop saudara yang terkenal dan ramai. Supir taksi kemudian mengantar ke sebuah kedai di Jalan Irian. Dari luar memang tampak ramai pengunjungnya.




 Begitu masuk kedai yang hawanya bikin saya kegerahan, saya melihat hamparan mangkuk kecil di meja. Isinya bihun dan kentang. Saya segera memesan sop saudara komplit. Saya sendiri tidak tahu sekomplet apa, ya.

Sop saudara kemudian disodorkan dengan sepiring nasi dan potongan jeruk nipis. Saya mencoba meramu kuah sop agar sesuai dengan selera lidah saya. Ternyata tidak sulit untuk menyampur sambal dengan kecap ataupun perasaan jeruk nipis.

Saat dicampur rasanya enak juga. Takarannya juga pas. Campuran isi ternyata pipi, lidah, ati dan paru sapi. Empuk dan habis dalam waktu singkat. Enaknya memang diberi sambal.

Reevi, seorang pengunjung kedai dari Bandung mengaku baru pertama kali menikmati sop saudara. "Ternyata rasanya enak dan bikin nafsu makan meningkat," katanya.



Harga semangkuk sop saudara semangkuk hanya Rp20.000, sedangkan sepiring nasi Rp5000. Cukup wajarlah untuk kuliner seenak ini. 

0 komentar:

Post a Comment