Monday, April 4, 2016

Rahasia Kecantikan Perempuan Manado



Kecantikan perempuan Indonesia di beberapa daerah sangat populer karena kecantikannya. Selain dari Aceh, Banjarmasin, Sunda, dan Solo, perempuan dari Manado juga banyak diimpikan pria Indonesia. Setidaknya, mahkota Puteri Indonesia 2016 saat ini dipegang oleh Kezia Waouw dari Sulawesi Utara. Nama seperti Angelina Sondakh, Angel Karamoy, dan sebagainya.

Saat saya berkunjung pertama kali ke Manado, dan masuk ke sebuah restoran, bertemu dengan sekelompok perempuan cantik. Saya pikir mereka rombongan pemilihan lomba model tingkat nasional, ternyata hanya tingkat lokal. Bahkan sebatas ajang pemilihan model untuk sebuah mall. 


Saya bertanya-tanya kepada kawan saya yang warga Manado, Kedi. Menurutnya, tubuh tinggi semampai kulit putih sudah ciri khas dari Manado. "Bahkan penjaga tiket parkir di sini cantik-cantik," kata Kedi, karyawan swasta.






Sayangnya tak ada penjelasan rahasia kecantikan perempuan Manado  dari teman saya. Hanya dia menekankan, sesuangguhnya perempuan cantik di Manado adalah mereka yang bersuku Minahasa.  Contoh yang sangat populer adalah Bupati Minahasa selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu yang dikenal sepabagi bupati tercantik di Indonesia.  Jadi akan lebih banyak lagi ditemukan jika ke Minahasa. Dan ternyata itu saya buktikan sendiri.

Saat saya melakukan perjalanan ke Ratatahan menemukan menemukan siswi-siswi sekolah menngah yang berpotongan seperti finalis gadis sampul. Mungkin jika di Jakarta, permpuan muda model begini sulit ditemukan di angkkiutan umum. Di Minahasa , kita bisa menemukan mereka duduk naik becak motor.

Berdasarkan referensi yang saya baca, kecantikan perempuan Menado banyak disebutkanperkawinan campuran yang terjadi di masala lalu. Seperti kerap diceritakan teman-teman di manado, mereka punya leluhur di Minahasa yang masih keturunan dari Kerajaan China. Selain pada masa penjajahan Jepang juga terjadi percampuran. Demikian pula saat penjajahan Belanda.

Hal lainnya adalah kedekatan geografis dengan Filipina, yang membuat perempuan Manado terlihat memiliki kemiripan dengan perempuan dari negara tetangga tersebut.

Ada dua sebutan untuk permpuan cantik Manado. Pertama adalah budo untuk gadis cantik yang memiliki kulit putih. Sedangkan yang kedua adalah tole untuk gadis cantik berkulit putih bersih dari daerah pegunungan. 






0 komentar:

Post a Comment