Tuesday, March 15, 2016

Siswa SMA Ini Temukan Bahan Bakar dari Limbah




Semangat Haidir Tamimi patut ditiru. Beberapa kali kalah dalam lomba penelitian ilmiah, dia tak lantas menyerah.  Terakhir, dia menyabet juara lomba peneiltian tingkat nasional berkat limbah kayu gelam.

“Sempat hampir putus asa juga karena kalah. Sampai kemudian ada selembar surat undangan ikut lompa peneltitian lagi. Mulanya saya bingung karena nggak bisa sembarangan kalau ikut lomba penelitianimiah,” kata siswa kelas XII SMAN 3 Palembang, Sumatera Selatan ini.

Sembari memikirkan tema penelitian, Haidir memerhatikan pembangunan mushola di sekolahnya. “Saya lihat banyak kayu gelam yang berserakan tak terpakai. Saya  piker, kenapa ini tidak dimanfaatkan? Paling tidak jangan sampai mengotori lingkungan,” tutur pria kelahiran Palembang, 1 Mei 1998 ini.

“Saya hubungkan dengan tema lomba penilitian  tentang inovasi bahan bakar terbarukan yang ramah lingkungan. Saya langsung teringat pernah ikut forum penelitian dan salah satu narasumbernya membuat briket dari sampah daun daun. Penelitian itu  berhasil mendapat penghargaan dari Jepang.Saya kembali berpikir, kenapa limbah kayu gelam ini tidak digunakan,” tutur remaja yang pernah menjadi juara pertama menulis syair tingkat nasional Akademi  Remaja Kreatif Indonesia 2015.




Haidir lantas berkonsultasi engan pembimbingnya di  ekskul penelitian. “ saya juga mencari literatur tentang briket dan cara membuatnya.  Ternyata membuatnya susah  karena harus mengulang berkali kali. Sudah beberapa kali gagal, dan alhamdulillah akhirnya berhasil,” ungkapnya sambil tersenyum senang.

Pihak Sekolah  kemudian  mendukung penuh penelitian Haidir   untuk diajukan ke  lomba tingkat nasional di Pekanbaru, Riau. “Alhamdulillah, akhirnya saya bisa  mendapat juara pertama. Oh iya, lomba diwajibkan untuk membuat  tim.  Jadi aku satu tim sama adik kelas,” tambah Haidir.

Hasil penelitian Haidir  membuktikan bahwa briket kayu gelam bisa menjadi salah satu solusi energi bahan bakar yang dapat diperbarukan. Sungguh keren.


Haidir membagi tips agar bisa banyak prestasi seperti dirinya. “Banyak-banyak  cari info lomba. Ikuti semua.  Jangan minder walaupun pertama kali ikut lomba tersebut.  Terus banyak berdoa dan minta restu sama orangtua,” paparnya.

0 komentar:

Post a Comment