Tuesday, November 10, 2015

Begini Cara Merawat Tas Kulit Mahal




Tas kulit  bagi kebanyakan orang merupakan investasi seumur hidup. Tak heran bila banyak orang mati-matian merawat tas kulit yang mereka miliki. Ada yang merawat agar tas kulitnya tetap awet walaupun terlihat perubahan sesuai umurnya. Sebagian lagi merawat tasnya karena ingin selalu tampak baru. Apapunitu, sangat penting mempelajari dasar-dasar perawatan tas kulit  untuk memastikan benda berharga itu tidak mengalami kerusakan karena usia.

Saat saya melakukan perjalanan ke kota Milan, Italia, saya menemukan banyak sekali tas kulit dengan harga selangit. Lantaran saya ketitipan teman untuk membelikan tas-tas itu, akhirnya iseng saya tanyakan juga ihwal perawatannya.

Menyimpan Tas Kulit

Ketika menyimpan tas Anda, jauhi dari  aktivitas serangga dan  kelembaban. Masukkan bungkus gelembung di dalam tas untuk membantu mempertahankan bentuknya. Gelembung wrap tidak disukai serangga. Hindari kertas karena beberapa  serangga menyukai kertas. Hindari menggunakan Koran karena mengandung cairan kimia tinta. Bungkus  komponen logam dan  lainnya  dengan kertas tisu bebas asam. Tempatkan kantung kristal silika dalam untuk menyerap kelembaban.

Jika memungkinkan, simpan tas  di dalan kantong debu seperti saat membeli. Jika Anda tidak lagi memiliki kantong debu, ganti dengan sarung bantal bebahan katun lembut. Jangan membungkus tas kulit dalam plastik, karena membutuhkan ventilasi untuk mencegah jamur. Simpan di tempat yang sejuk dan kering dengan ventilasi udara yang baik. Membukanya setiap beberapa minggu untuk memeriksa dan memungkinkan kulit tas untuk bernapas.

Simpan tas kulit Anda tanpa ada benda apapun yang menimpanya, Jika perlu simpa di kotak kardus kokoh.

Mengidentifikasi Jenis Kulit

Kulit tas yang dipakai secara umum tentu saja sudah kita ketahui yakni  kulit hewan, yang telah diproses secara kimia demi keawetannya. Kebanyakan tas kulit terbuat dari kulit sapi. Tebal  kulit ini hanya seperempat sampai setengah inci.

Secara garis besar, terdapat dua jenis kulit untuk bahan tas. Yang diolah setengah jadi, biasanya corak dan motif kulitnya amsih terasa. Dan kulit 7yang sudah diolah jadi, yang biasanya lebih kaya corak dan warnanya.

Kulit yang sudah diolah membutuhkan perawatan yang berbeda. Sebagai contoh, Anda dapat menghapus kulit jadi dengan kain basah untuk menghilangkan debu. Jika Anda tidak bisa mengidentifikasi jenis kulit tas Anda, periksa label perawatan atau hubungi produsen untuk informasi lebih lanjut.

Selalu ikuti instruksi dari pabriknya untuk perawatan tas kulit dan penyimpanan. Sebelum menggunakan jenis produk  tas, mengujinya pada tempat tertentu. Tas mungkin mengandung bahan kimia yang bereaksi dengan pembersih atau pendingin produk. Untuk menghemat uang, cari  kit pembersihkan kulit.

Membersihkan Tas Kulit

Kulit yang setengah jadi dan matang memiliki persyaratan pembersihan yang berbeda. Untuk membersihkan kulit jadi, cukup bersihkan dengan kain basah yang lembut. Pastikan kain hanya lembab tidak basah. Untuk  kotoran, gunakan pembersih kulit yang cocok untuk tas. Pembersih  jok atau kursi mobil biasanya terlalu keras untuk tas atau koper kulit.

Jangan gunakan tisu bayi atau tisu basah/ alkohol untuk membersihkan tas dan hindari produk berminyak yang bisa menyumbat pori-pori kulit .

Kulit setengah jadi tidak memiliki lapisan ketahanan noda, sehingga agak rumit untuk membersihkannya. Untuk pemeliharaan umum, usap debu tas dengan kain kering yang lembut. Gunakan kain putih untuk mencegah warna luntur. HIndai membasahi kulit dengan air yang bisa  menyebabkan noda.

 Jika tas memiliki noda di permukaan kulit, sikat dengan sikat nilon yang lembut. Jangan menyikat terlalu keras agar tidak merusak kulit.

Tumpahan dan Noda

Jika tas kulit Anda basah, jangan gunakan pengering rambut atau sumber panas lainnya untuk mengeringkannya. Untuk noda membandel, coba untuk menggosoknya  dengan lembut dan memeriksa apakah itu memperburuk masalah sebelum menggosok seluruh wilayah.

Serap tumpahan minyak dengan tepung jagung. Anda dapat menghapus beberapa noda organik dengan debu kapur putih. Terapkan debu ke daerah dan biarkan  semalam. Debu itu akan hilang pada  hari berikutnya.

Bermasalah dengan  noda, sebaiknya  tangani secepat mungkin sehingga noda itu tidak punya waktu untuk mengering. Jika perlu, mencari bantuan profesional.

Pendingin  Tas Kulit

Jika tas dari kulit setengah matang  menunjukkan tanda-tanda mongering dan retak, cari  bantuan dari seorang profesional perawatan kulit. Mimiliki pendingin di rumah meningkatkan risiko perubahan warna. Atau, ikuti instruksi dari pabriknya. Jangan menggunakan produk berminyak pada kulit yang setengah jadi.

Untuk tas dari bahan kulit jadi banyak tersedia konditsoner di Internet. Karena kulitnya  berpori, kerap tas ini mengering. Gunakan kondisioner sebulan sekali untuk menjaga tas Anda.
Ikuti rekomendasi produsen untuk produk perawatan tertentu untuk menghindari perubahan warna kulit atau kerusakan.


Ngomong-ngomong, saat ini tas kulit berkualitas tak hanya didominasi wanita saja. Banyak pria yang juga mengoleksi tas-tas branded. Semoga tips ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment