Sunday, August 23, 2015

Serunya Makan di Atas Bus Restoran Sambil Test Jaringan 4G Bersama XL



Sebenarnya bulan Juni lalu, saya sudah mendengar kehebohan hadirnya  bus resto bernama Street Gourmet di Bandung. Akhirnya, saya bisa merasakan tempat makan yang diprakarasai dua pesepakbola Tony Sucipto dan Airlangga Sucipto ini beberapa hari lalu. Itu pun karena diundang oleh XL untuk ikut menyaksikan test sinyal 4G di Bandung.

Selepas shalat maghrib, saya beserta rombongan Blogger Bandung lainnya diajak naik ke atas bus yang terparkir di XL Center, Jalan RE Martadinata 7, Bandung. Tidak pakai lama, bus pun berjalan siap membawa penumpang di atas 24 seat yang tersedia. Termasuk Manajer Promotion XL Central Region Wuli Marwanto dan RSOM XL Bandung Helmi Yusuf.

Sambil menikmati hidangan di Street Gourmet, mendengar pemaparan
product knowledge


Sambil menyimak penjelasan tentang product knowledge XL4G, hidangan pun mulai disajikan. Untuk hidangan pembuka, saya disajikan Chef Salad yang tak lain adalah karedok dalam porsi minimalis. Sebagai orang Sunda saya dapat menikmatinya dengan baik. Walau sedikit bingung karena harus sambil mendengar presentasi, memotret, menjawab quiz di What’s App, dan ruang gerak terbatas, saya pun berhasil menghabiskan salad tersebut.

Pilihan lain untuk hidangan pembuka adalah Shrimp Salad yang disantap beberapa blogger lainnya. Karena saya tidak terlalu suka udang, cukup senang dengan karedok ala-ala tadi.


Di tengah kehebohan aktivitas blogger, hidangan berikutnya yang muncul adalah potato soup. Aromanya yang langsung membangkitkan selera makan, ditambah uap hangat dari soup membuat saya ingin segera menyantapnya. Tapi foto dulu kali ya. Soalnya kan jarang-jarang makan soup begini di atas bus. Kalau di kereta mungkin bisa pesan yang mirip begini.

Soup ini menurut saya rasanya pas gurihnya. Tidak terlalu asin seperti kalau saya menyantap soup  di tempat lain. Dan malah mungkin untuk beberapa orang mungkin kurang gurih. Tapi di Street Gourmet ini tidak ada bumbu botol di atas meja selain gelas minum karena tidak luas. Jadi kita tidak bisa menambahkan sendiri garam, merica atau saus sambal jika kurang nendang pedasnya. Mungkin bisa minta tolong waiter. Tapi saya merasa pas dengan lidah saya.

Sedang menikmati ini, tiba-tiba muncul pertanyaan quiz: Mengapa XL mengundang blogger mengikuti acara ini? Saya pun ikut menjawab: Untuk menguji layanan 4G XL di Bandung dengan Extreme HD 360° Video. Entah benar atu tidak, saya kembali mencicipi makanan dan menyimak presentasi.


Hidangan berikutnya adalah Beef Stroganof. Hidangan ini aslinya dari Rusia. Rasa tumis daging sapi agak masam dan gurih disebabkan krim yang ditambahkan. Tapi rasa masam itu bisa dinetralisir dengan kentang yang dihidangkan bersamanya.

Menurut saya, porsi daging stroganoff ini memang buat makan malam di resto-resto ala-ala luar negeri. Kalau untuk ukuran perut orang Indonesia, kurang nendang. Apalagi yang seperti saya.


Hidangan penutup merupakan cake cokelat yang biasa disebut Volcano. Hidangan ini pas banget karena saya suka rasa cokelat yang bisa mengusir aroma daging di mulut. Maklum deh, kalau acara ngobrol begini kadang nggak kontrol ngomong dekat-dekat, nggak tahunya aroma tak sedap karena makanan di mulut mampir di hidung tetangga.

Lalu pertanyaan quiz muncul lagi: Selain Bandung jaringan 4G akan diperluas ke mana lagi? Saya pun menjawab: Cimahi. Itu juga setelah tanya kepada Hara yang duduk di depan saya. Sekali lagi, jawab quiz dapat hadiah hanyalah bonus. Sudah bisa menikmati makan di atas bus ini.

Saya senang sekali pada akhirnya menguasai benar cara makan di atas bus yang berjalan 30 km per jam ini. Apalagi bisa juga sambil keliling Bandung dengan menyusuri Jalan Riau ke Jalan Asia Afrika (Alun-alun Bandung), lalu kembali ke XL Center. Malah rasanya kurang lama keliling Bandung dan kurang kenyang.

Tes Jaringan 4G

Selain Bandung, kawasan sekitarnya seperti Cimahi dan Jatinangor
 juga sedang ujicoba juga lho. 


PT XL Axiata Tbk (XL)  saat ini telah meluncurkan layanan 4G LTE di 8 kota baik secara komersial ataupun uji coba, yaitu Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Mataram-Lombok. Salah satu upaya XL mengenalkan produk barunya tersebut adalah dengan mengedukasi ke masyarakat mengenai manfaat layanan 4G LTE dari XL. Itu sebabnya saya dan teman-teman Blogger Bandung  diajak melihat  demonstrasi “Extreme HD 360° Video” Kamis malam, (20/8).

Seperti yang saya lihat sendiri, “Extreme HD 360° Video” yang merupakan kamera paling canggih saat ini dipasangkan di dalam bus. Lalu, kami bisa melihat alat ukur untuk menunjukkan kualitas layanan 4G LTE dari XL.  Dan ternyata hasilnya memang maksimal.  
   
Melalui demo “Extreme HD 360° Video”, masyarakat bisa menyaksikan tampilan video dengan cara yang tidak biasa. Sudut pandang video bisa mencakup 360°, tidak seperti layaknya video yang biasa ada. Gambar dan suara video juga mulus, tidak terputus atau patah-patah. Semua itu bisa terjadi karena video dibuat dan ditayangkan dengan layanan internet super cepat 4G LTE.

Dari menyaksikan sendiri hal tersebut, saya yang sejak lama merupakan pemakai kartu XL jadi mupeng juga memiliki kameranya, serta smartphone  yang 4G. Ternyata XL punya paket bundlingnya juga, yang disebut ‘Power Pack’.

Program Power Pack ini member kemudahan pemilik kartu XL seperti saya untuk menukar kartu SIM lama menjadi kartu SIM 4G, paket bundling ponsel 4G dengan harga yang menyasar semua segmen, serta paket data HotRod 4G yang menarik.

Penggantian kartu ke kartu SIM 4G, XL mempermudah proses ini dengan tidak memungut biaya alias gratis. Asyik, kan? Apalagi sejak Januari 2015, sudah lebih dari 200 ribu pelanggan melakukan ganti kartu 4G (Usim). Data XL menunjukkan, lebih dari 400 ribu pelanggan di Jabodetabek sudah menggunakan ponsel 4G.

Kemudahan juga XL tawarkan bagi pelanggan yang siap beralih ke layanan 4G LTE. XL telah menyiapkan paket data HotRod 4G yang sangat menarik, paket ini berlaku selama 24 jam tanpa time-band. Pelanggan, termasuk pengguna baru, bisa mendapatkan paket ini melalui aplikasi MyXL dan *123#.

Seperti biasa, saya dapat hadiah dong :)
Sementara itu, untuk program bundling kerjasama dengan sejumlah produsen penyedia smartphone, XL sudah menyiapkan beberapa paket bundling, baik untuk  prabayar maupun pasca bayar. Ada 4 kategori paket berdasarkan harga, dengan pembayaran cicilan 12 bulan.

Pertama, kategori harga terjangkau. Paket ini bisa diperoleh dengan cicilan Rp 149 ribu/bulan, akan  mendapatkan kuota data 1,5GB, 200 menit nelpon ke sesama XL, dan 300 SMS ke semua Operator. Paket Rp 199ribu/bulan, mendapatkan kuota data 3GB, 300 menit nelpon ke sesama XL dan 400 SMS ke semua Operator. Handsetnya tersedia merek Xiaomi Redmi 2 dan Lenovo A6000.

Kedua, kategori smartphone harga menengah. Paket Rp 249 ribu/bulan dengan mendapatkan kuota data 1,5GB, 200 menit nelpon ke sesama XL, dan 300 SMS ke semua Operator. Paket Rp 299ribu/bulan, mendapatkan kuota data 3GB, 300 menit nelpon ke sesama XL dan 400 SMS ke semua Operator. Tersedia handset merek Lenovo P70, Sony M2 Aqua dan Asus Zenfone 2 (2G).

Ketiga, kategori smartphone harga atas sekitar Rp 4 juta paket cicilan. Paket Rp 399 ribu/bulan dengan mendapatkan kuota data 3GB, 300 menit nelpon ke sesama XL dan 400 SMS ke semua Operator.Tersedia merek Sony M4 Aqua.

Terakhir, paket iPhone6 eksklusif untuk pascabayar dengan harga Rp 999rb/bulan, dengan mendapatkan kuota data data 7GB, nelpon sepuasnya ke sesama XL dan SMS sepuasnya ke semua operator (berlaku batas pemakaian wajar). Pada paket ini, pelanggan juga akan mendapatkan bonus nomor cantik, prioritas penggunaan jaringan, dan customer service khusus.


Hmm, maunya sih saya ambil paket terakhir itu. HAH! Eh, Amin.



^_^

Foto-foto: Benny Rhamdani

0 komentar:

Post a Comment