Friday, August 14, 2015

Mengenal Makna Riasan Wanita India




Kecantikan wanita India terkenal seantero dunia. Bahkan beebrapa kali wanita India menyandang gelar ratu kecantikan dunia. Sebuat saja nama Aishwarya Rai hingga Priyanka Chopra. Siapa yang tidak kenal mereka.

Hal lain yang juga terkenal dari wanita India adalah riasan tradisional mereka, seperti kajal, bindi dan mehndi. Ketiganya bukan sekadar riasan, tapi juga mengandung makna. Karenanya memakainya pun tidak bisa sembarangan.


Kajal



Riasan mata di India yang  dikenal sebagai kajal sudah sangat populer sejak zaman kuno. Biasanya dipakai untuk kelopak mata bawah, tetapi kadang juga dikenakan di kelopak mata atas dan bahkan bisa juga sebagai maskara.Kajal digunakan umumnya oleh perempuan tetapi ada juga pria yang memakainya, dan bahkan anak-anak. 

Orang percaya India percaya  menggunakan kajal bisa memperkuat penglihatan mereka dan melindungi mereka dari nasib buruk. Oleh karena itu banyak kaum ibu memakainkan  kajal di sekitar mata bayi mereka yakni untuk  memperkuat penglihatan bayi atau untuk melindungi bayi dari kejahatan.


Bindi



Pernah melihat titik merah di dahi wanita  India? Riasan itu disebut bindi. Bindi atau "bindu" berarti "titik", merupakan tradisi India kuno.  Bindi tradisional  berupa titik melingkar berwarna merah dan dipakai di dahi di antara alis. 

Tanda bindi sering dianggap hanya bisa digunakan untuk yang sudah menikah. Tapi tidak setiap wanita yang memakai bindi merah di dahinya itu sudah menikah. Jika seorang wanita memakai bindi merah dan sindoor yang merupakan garis merah pada belahan rambutnya, itu berarti bahwa dia menikah.


Di India warna merah mewakili cinta dan kehormatan. Bindi  merah bisa dikenakan untuk alasan yang berbeda. Wilayah  bindi ditempatkan disebut cakra, yang  dikenal sebagai mata ketiga. Ini adalah pusat dari semua energi spiritual dari tubuh. Bindi sering dipakai di sana untuk mewakili mata ketiga.

Bindi datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Bindi juga memiliki banyak arti yang berbeda. Bindi dapat berarti bahwa seorang wanita menikah, bisa juga berarti bahwa dia milik sebuah sekte tertentu, atau dapat digunakan murni untuk kecantikan. Selama bertahun-tahun bindi  menjadi sangat populer bahkan di dunia barat sebagai bagian riasan wajah.

Dulu bindi dipakai untuk alasan agama dan spiritual, tapi sekarang begitu banyak memakainya sebagai hiasan wajah  agar tampil makin cantik.

Mehendi

Mehndi atau mehendi adalah aplikasi henna pada kulit sebagai hiasan. Henna adalah salah satu  riasan tradisional yang sangat terkenal di India. Desain pacar yang berbeda diterapkan untuk tangan dan kaki perempuan sebelum perayaan atau apapun pada acara khusus, terutama pernikahan. Henna dibuat dengan menggiling daun pohon henna sampai menjadi pasta.

Penerapan henna bukan hanya untuk gaya tapi juga untuk keberuntungan. Itulah sebabnya desain pacar selalu diterapkan pada kaki dan tangan pengantin sebelum pernikahan. Karena pernikahan adalah perayaan yang sangat penting.Pada akhir 1990-an mehndi menjadi trend di dunia barat.

Sindoor
 



Dalam masyarakat tradisional Hindu, mengenakan sindoor dianggap keharusan bagi wanita yang menikah. Ini merupakan bukti ekspresi dari keinginan mereka agar suami mereka berumur panjang . Secara tradisional karena itu, janda tidak memakai sindoor.

Sindoor diterapkan untuk pertama kalinya pada upacara pernikahan ketika mempelai pria menghiasi dirinya dengan bubuk merah itu. Upacara ini disebut sindoor-Dana.

Sejarah mengatakan bahwa merah adalah warna kekuasaan sementara bubuk vermilion adalah simbol energi perempuan Parvati dan Sati. Legenda mitologi Hindu menganggap Sati sebagai istri yang ideal yang memberikan hidupnya untuk menghormati suaminya. Setiap istri Hindu seharusnya meniru dia. Hindu percaya bahwa Dewi Parvati melindungi semua orang mereka yang istri berlaku vermilion untuk perpisahan mereka rambut.

Tradisi memakai sindoor atau vermillion dikatakan telah melakukan perjalanan lebih dari 5.000 tahun. Sangat menarik untuk dicatat bahwa penerapan sindoor oleh wanita yang sudah menikah membawa signifikansi fisiologis juga. Hal ini karena sindoor disiapkan dengan mencampur kunyit-kapur dan logam merkuri. Karena sifat intrinsiknya, merkuri, selain mengontrol tekanan darah juga mengaktifkan dorongan seksual. Ini juga menjelaskan mengapa sindoor dilarang dipakai seorang janda. Untuk hasil terbaik, sindoor harus diterapkan tepat di atas  kelenjar hipofisis di mana semua perasaan kita terpusat.

0 komentar:

Post a Comment